My 10 Favorite Characters in One Piece


Hi Guys!! Pastinya sudah tahu kan apa itu One Piece? Yup, One Piece adalah sebuah judul anime dan manga tentang sekelompok bajak laut, dengan sang tokoh utama Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Demi menjadi Raja Bajak Laut dan mendapatkan One Piece, Luffy dan teman-temannya pun mengalami berbagai macam petualangan dan harus bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

Sebelum membaca seputar karakter-karakter yang ada di One Piece, maka sebaiknya kita mengulas kembali tentang kesuksesan yang telah diraih oleh One Piece terlebih dahulu. ^.^

Kesuksesan One Piece
Manga One Piece mulai diserialisasikan pada majalah Shonen Jump edisi #34 pada tanggal 4 Agustus 1997. Animenya mulai diproduksi oleh Toei Animation di Fuji Television pada 20 Oktober 1999.
Pada awalnya, Eiichiro Oda merencanakan One Piece akan berjalan sekitar 5 tahun, dan dia telah menetapkan endingnya. Tetapi dia terlalu "menikmati" jalan ceritanya dan sekarang dia tidak tahu kapan One Piece akan berakhir.

One Piece merupakan manga terlaris sepanjang sejarah Shonen Jump. Manga ini juga yang menyebabkan total penjualan Shonen Jump naik pada 11 tahun terakhir ini. Volume 25 memegang rekor penjualan manga di Jepang, dengan 2.630.000 unit terjual pada cetakan pertama. Dan volume 46 mencapai lebih dari 140.000.000 unit terjual dan merupakan manga tercepat yang mencapai total penjualan 100.000.000.

Hingga saat ini One Piece memecahkan rekor sebagai manga paling laris sepanjang sejarah. Kesuksesan One Piece bahkan melebihi gabungan no 2 Naruto, no 3 Kimi ni Todoke, no 4 Fairy Tail, no 5 Bleach, no 6 Bakuman, no 7 Gintama, dan no 8 Fullmetal Alchemist dengan total penjualan One Piece lebih dari 300 juta kopi.

Okay, setelah melihat tentang kesuksesan One Piece yang sangat spektakuler, saya akan menjelaskan tentang karakter-karakter favorit saya yang ada di One Piece ^.^


1. Monkey D. Luffy








Luffy atau biasa dipanggil dengan sebutan "Topi Jerami" (karena dia memakai sebuah Topi Jerami yang menjadi ciri khasnya) merupakan tokoh utama dalam anime dan manga One Piece. Dia adalah kapten dari kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan saat ini kepala Luffy dihargai Berry.png 500.000.000 setelah insiden di Dressrosa. Luffy adalah pemakan Buah Iblis "Gomu Gomu no Mi", tipe Paramecia (karet) sehingga dia menjadi seorang manusia karet. kemampuan ini membuat tubuhnya memiliki atribut yang sama dengan karet, seperti melar, peredam listrik, dsb.


Ciri khas bertarungnya adalah menyerang dengan memanjangkan bagian tubuhnya. Semua nama jurusnya selalu diawali dengan kata "Gomu-gomu" dan kemudian diikuti dengan nama senjata atau artileri (contoh: 'Gomu Gomu no Pistol', 'Gomu Gomu no Bazooka', 'Gomu Gomu no Gatling', dll).
Gear Second: Teknik mempercepat aliran darah tetapi organ tubuhnya tidak hancur karena atribut karet pada tubuhnya. Efek dari Gear Second ini adalah kecepatan atau agility meningkat. Kata "jet" juga ditambahkan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Jet pistol). Jika ditambah dengan Haki, tinjunya jadi menimbulkan efek ledakan. Luffy memiliki 3 jenis Haki, yaitu Kenbunshoku Haki, Busoshoku Haki dan Haoushoku Haki.
Gear Third: Teknik memberpesar tulang dengan meniupnya seperti balon. Efek dari Gear Third adalah kekuatan serangannya meningkat, namun kecepatan serangan menurun. Kata "Gigant" juga ditambahkan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Gigant Pistol). Jika ditambahkan haki tangannya menjadi hitam dan semakin keras.
Gear Four: Teknik memperbesar badan seukuran gorilla, dengan menggabungkan boushuku haki. Kekuatan ini mirip dengan tubuh gorilla dengan daya hancur yang sangat kuat. Dan ditambah dengan kekuatan tinjuan yang bisa mental di udara. (kekuatan ini muncul di dressrosa sewaktu melawan sichibukai Donquixote Doflamingo).
Luffy menjadi karakter favorit saya yang pertama karena selain sangat kuat dia juga memiliki kepribadian yang sangat lucu dan unik. Kapten dari kelompok bajak laut topi jerami ini punya sikap yang bodoh dan konyol terhadap para anak buahnya, walaupun dia menganggap anak buahnya sebagai "seorang teman" daripada sebagai bawahan. Luffy adalah orang yang ramah dan sejak awal sama sekali terlihat tidak pintar. Tetapi tingkah konyol dan hal-hal bodoh yang dilakukan oleh Luffy lah yang membuatnya semakin menarik ^.^


2. Monkey D. Garp



Monkey D. Garp adalah sosok yang disegani dan ditakuti bajak laut maupun Angkatan Laut. Garp dikenal sebagai Pahlawan Angkatan Laut Legendaris (sang pahlawan dimata dunia dan sang iblis dimata bajak laut). Garp adalah mantan Vice Admiral Angkatan Laut dan kakek dari karakter utama cerita One Piece, Monkey D. Luffy sekaligus Ayah kandung dari seorang pemimpin Pasukan Revolusioner Monkey D. Dragon. Dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Vice Admiral bersamaan dengan Sengoku setelah perang berakhir. Bersama Sengoku, Whitebeard dan Shiki, Garp merupakan tokoh utama yang berpengaruh saat Raja Bajak Laut Gol D. Roger masih hidup.
Hal yang menjadikannya istimewa dimata saya adalah karena sebagai seorang Angkatan Laut Legendaris dan sangat kuat, Garp masih memiliki sisi baik (memiliki rasa keadilannya sendiri dan tidak kejam). Garp adalah sosok konyol dan suka bercanda sama seperti sosok luffy, sahabat sejatinya adalah mantan Fleet admiral Sengoku (mantan komandan tertinggi dari seluruh Angkatan Laut di dunia) dan dia sering menertawakan Sengoku saat Sengoku resah menghadapi kasus-kasus yang diakibatkan oleh cucunya sendiri (Luffy).

Garp juga menolak dipromosikan menjadi Admiral dalam beberapa kali, karena dia merasa menjadi Vice Admiral lebih baik (perlu dicatat bahwa menjadi seorang Admiral kemungkinan besar akan mengurangi kemampuannya untuk melakukan apa yang dia senang). Monkey D Garp sendiri adalah seorang Vice Admiral yang tidak bisa diperintah Admiral, seperti yang terjadi di water seven, Aokiji (Admiral Angkatan Laut) tidak dapat memerintahnya langsung melainkan harus Fleet Admiral sengoku yang turun tangan, Aokiji diketahui adalah salah satu orang yang mengagumi Garp.


Dalam segi kekuatan, Garp adalah Master of Haki. Menurut saya Garp seimbang dengan Raja Bajak Laut Roger dan lebih kuat dari Sengoku. Hal itu terlihat dari apa yang dapat kita gambarkan dari perjalanan kisah One Piece, seperti halnya Luffy mungkin Dragon juga akan gemetar ketika mendengar nama Garp. Garp sangat lah kuat bahkan sampai disebut iblis oleh bajak laut sekelas Yonko, Big Mom (salah satu dari 4 bajak laut terkuat). Jadi menurut saya, Garp itu sangat kuat tetapi hanya belum menunjukan kekuatan penuhnya saja.
Kekuatan Garp yang telah diketahui diantaranya, mampu menghancurkan 8 gunung dengan tinju nya, mampu membuat cacat kepala Chinjao sang manusia pembelah benua es (bajak laut senilai lebih dari Berry.png 500.000.000) hanya dengan satu pukulan, serta kekuatannya yang lain sering disebut sebagai kekuatan yang mampu mendesak Raja Bajak Laut Gol D. Roger berkali-kali dalam duel.



3. Trafalgar Law



Trafalgar Law adalah kapten sekaligus dokter Bajak Laut Jantung, merupakan salah satu bajak laut rookie yang di labeli sebagai Eleven Supernova dengan nilai bounty sebesar Berry.png 200.000.000. Dia berasal dari North Blue. Law berperan besar menyelamatkan hidup Luffy saat perang di Marineford. Setelah perang, dia menjadi Shichibukai yang baru setelah berhasil mempersembahkan 100 jantung para bajak laut kepada Pemerintah Dunia sekaligus meningkatkan nilai bounty nya menjadi Berry.png 440.000.000 sebelum akhirnya dibekukan. Dia memiliki kekuatan Buah Iblis Ope Ope no Mi yang memberinya kemampuan menciptakan sebuah ruang dan dapat mengontrolnya sesuka hati.


Kekuatan unik yang dimiliki oleh Law lah yang membuat saya menempatkannya diurutan ketiga (walaupun juga karena faktor penampilan) ^.^ Law adalah pemakan dari Buah Iblis yang disebut "Ope Ope no Mi", yang memungkinkan dia untuk menciptakan bulatan berwarna biru yang dapat melingkupi sebuah wilayah. Dalam wilayah yang telah di lingkupi itu, dia mampu melakukan apa saja yang ada di dalamnya,dengan kata lain. ia bisa "beroperasi" pada apa pun dalam apa saja yang ada di dalam Ruang Operasi (Wilayah yang di lingkupi bulatan biru). Selain itu, Law juga bisa menggunakan ruangan tersebut untuk melakukan teleportasi. Saat hampir mati di tangan Doflamingo, Law sempat menggunakan "room" dan menukar tubuhnya dengan kayu yang berada di area "room" nya. Namun, dibalik kekuatan unik dan merepotkan musuh tersebut, ternyata masih ada kelemahannya. Seperti halnya kemampuan "barrier" milik Bartolomeow, kemampuan "room" milik Law pun ada batasnya. Law tidak bisa sering-sering menggunakannya karena menguras banyak sekali energi.


4. Roronoa Zoro













Roronoa Zoro merupakan anggota Kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang pertama kali bergabung dan hingga saat ini dia dinilai sebagai ancaman terbesar dan anggota paling berbahaya dari kelompoknya setelah sang kapten, Luffy. Popularitasnya yang tinggi sebagai seorang ahli pedang dengan kemampuan yang sangat hebat, bersamaan dengan sikap kekanakan dari kaptennya, terkadang membuat banyak orang menyangka bahwa ialah kapten yang sebenarnya atau setidaknya, wakil kapten dalam kelompoknya. Dia merupakan salah satu dari 3 petarung terkuat dalam kelompoknya dengan impian untuk menjadi ahli pedang terhebat di dunia
Karakter favorit saya yang satu ini memang memiliki wajah yang rupawan ^.^ Selain memiliki wajah yang rupawan Zoro juga memiliki daya tahan tubuh, kekuatan dan kemampuan yang luar biasa, yaitu kemampuan berpedang dan kemampuan Haki. Setelah insiden di Dressrosa nilai bounty Zoro menjadi Berry.png 320.000.000.


5. Sanji


















Sanji merupakan seorang bajak laut dan koki dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Dia merupakan anggota kelima di kelompoknya, serta orang keempat yang bergabung. Karena Sanji terlahir di North Blue, ia menjadi anggota Topi Jerami pertama yang tidak berasal dari East Blue. Impiannya adalah menemukan All Blue, suatu lautan legendaris yang dipercaya sebagai surganya para koki dimana keempat lautan terbesar, yaitu East Blue, West Blue, North Blue, dan South Blue, saling bertemu disana. Setelah insiden di Dressrosa, dia memiliki nilai bounty sebesar Berry.png177.000.000. 
Sanji merupakan salah satu karakter favorit saya yang sangat tergila-gila pada wanita (bahkan Zoro sampai meledeknya dengan sebutan 'Budak Cinta'). Sanji sendiri juga memiliki wajah rupawan dilengkapi dengan alis lucunya ^.^ Dia adalah seorang perokok berat dan sangat mengutamakan penampilan yang terlihat keren, bahkan saat datang menyelamatkan rekannya dia akan berpose dulu. Sebagai koki, Sanji sangat menghargai makanan dan membenci orang yang membuang-buang makanan. Dia juga memegang prinsip memberi makan kepada siapa saja yang kelaparan tak peduli seberapa baik atau buruknya perilaku mereka. Perlu diketahui bahwa Sanji adalah koki handal yang dapat membuat makanan lezat bahkan dari bahan tidak terpakai sekalipun. Masakan Sanji adalah yang terbaik ^.^ Menurut saya Sanji juga memiliki kriteria sebagai pria idaman yaitu tampan, kuat dan pandai memasak, hanya saja dia terlalu mata keranjang ketika melihat wanita cantik ^.^


Gaya bertarung Sanji sangat unik. Dia hanya menggunakan kedua kakinya yang diperkuat dengan Haki saat bertarung. Sanji menguasai suatu teknik menendang yang khas disebut "Gaya Kaki Hitam". Teknik ini diturunkan langsung dari mentornya, Zeff si kaki merah. Kaki dan tendangannya sangat powerfull, mampu menghancurkan bebatuan dan dengan mudah mengalahkan makhluk yang jauh lebih besar seperti Bananawani dan Mohmoo. Berkat kakinya, Dia memiliki kecepatan dan kelincahan yang luar biasa. Dia dengan mudah mengimbangi teknik soru ala CP9. Setelah menghabiskan dua tahun dikejar para okama di kerajaan Kamabakka, Sanji kini memiliki kemampuan bergerak lebih cepat di dalam air, yang disebut "Blue Walk". Dia juga berhasil menguasai salah satu teknik rokushiki ala CP9 yang ia sebut "Sky Walk".
                               
                                               
6. Donquixote Doflamingo




















Donquixote Doflamingo adalah anggota Shichibukai, kapten Bajak Laut Donquixote, dan juga raja Dressrosa. Dia sebelumnya adalah seorang Tenryubito, namun meninggalkan statusnya dan menjadi bajak laut dengan nilai bounty yang diketahui Berry.png 340.000.000. Dia adalah antagonis utama dalam cerita Dressrosa. Doflamingo merupakan salah satu karakter yang sangat kuat di dalam cerita. Dia adalah anggota Shichibukai, tujuh bajak laut kuat yang bekerja bagi pihak pemerintah. Doflamingo adalah seorang petarung yang sangat tangguh. Dia memiliki ketahanan fisik yang sangat baik serta memiliki kelincahan dan ketangkasan dalam menghindari serangan. Dia memiliki refleks yang baik. Begitu kuatnya bahkan Shichibukai Trafalgar Law menyatakan bahwa dia harus memilih menghindari pertarungan untuk menghemat tenaga saat akan bertarung dengannya, dan terbukti Doflamingo mengalahkan Law dengan mudah. Selama cerita ditunjukkan jika Doflamingo telah melawan beberapa karakter kuat lainnya; seperti Crocodile, Gekko Moriah, Smoker, Sanji serta Trafalgar Law.


Doflamingo memakan Buah Iblis tipe Paramecia "Ito Ito no Mi", yang memberinya kemampuan menciptakan semacam benang yang tak terlihat. Dengan menggerakkan jari-jarinya, dia dapat menghubungkan tali dengan target lalu mengontrol pergerakan mereka layaknya seperti boneka tali. Tali juga dapat digunakan untuk memotong, memungkinkan Doflamingo dengan mudah melukai musuhnya seperti serangan pedang ataupun untuk memotong senjata. Dia juga dapat terbang meluncur di udara dengan melampirkan tali ke awan, seperti yang sering dilakukannya saat melakukan perjalanan. Namun kemampuan ini memiliki keterbatasan karena ia tak dapat melayang ditempat yang tidak berawan, yang berarti dia kehilangan kemampuannya untuk terbang. Doflamingo setidaknya menguasai dua jenis haki, yaitu Busoshoku Haki dan Haoshoku Haki, kemampuan hakinya pun sangat kuat.
Walaupun menjadi tokoh antagonis Doflamingo tetap menjadi karakter favorit saya ^.^ Kenapa saya memfavoritkan Doflamingo? karena walaupun dia termasuk karakter yang sangat kejam sekalipun tetapi dia tetap terlihat sangat keren hehehe ^.^


7. Tony Tony Chopper








Chopper adalah seorang dokter bajak laut dari kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Dia aslinya seekor rusa yang dapat bertransformasi menjadi manusia setelah tanpa sengaja memakan Buah Iblis "Hito Hito no Mi", tipe Zoan. Oleh Pemerintah Dunia, dia disalahtafsirkan sebagai hewan peliharaan kru topi jerami dan hanya dikaruniai nilai bounty sebesar Berry.png 50 setelah insiden di Enies Lobby. Chopper ditampilkan sangat pemalu, lugu, naif dan suka bertingkah manja layaknya anak kecil. Serupa dengan Luffy, dia mudah terkesan dengan hal-hal menyilaukan seperti meriam, robot atau hal-hal lain. Dia juga bisa menjadi penakut seperti Nami dan Usopp, meski hal itu lebih dikaitkan dengan sifat kekanak-kanakan dirinya. Chopper cenderung mudah percaya kepada hal-hal yang baru didengarnya. Dalam kesehariannya, Chopper lebih sering terlihat dalam bentuk hibrid setengah manusia setengah rusa atau dalam bentuk chibi yang sering disalahartikan sebagai tanuki/rakun. Jika akan menghadapi pertempuran, dia dapat berubah dalam beberapa bentuk dengan memakan Rumble Ball tergantung situasi yang dihadapi.



Aww Chopper ^.^ Yup, Chopper merupakan karakter favorit saya yang paling imut, lucu dan menggemaskan >,< tetapi walaupun terlihat sangat imut sebagai dokter bajak laut, kemampuan Chopper dalam bidang medis sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia merupakan dokter yang hebat dan bertanggung jawab terhadap kondisi pasiennya ^.^


8. Aokiji (Kuzan)
















Aokiji Kuzan adalah mantan Admiral Angkatan Laut dan merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita. Dia mengundurkan diri dari Angkatan Laut setelah kalah dari Akainu Sakazuki dalam pertarungan memperebutkan jabatan Fleet Admiral dan menolak bekerja dibawah perintah Akainu. Aokiji memakan Buah Iblis tipe Logia "Hie Hie no Mi", yang memberinya kekuatan untuk berubah menjadi es. Dengan kemampuannya, ia dapat dengan mudah membekukan seekor monster laut atau beberapa mil laut dengan sekejap. Dia bahkan dengan mudah membekukan tsunami besar yang diciptakan oleh orang terkuat di dunia sekaligus Yonko, Shirohige. Menurut saya kekuatan Buah Iblis yang dimiliki Aokiji sangat keren ^.^ dan termasuk yang saya favoritkan setelah kekuatan Buah Iblis milik Luffy (bisa makan banyak tetapi tetap kurus adalah impian saya) ^.^ Sebagai mantan Admiral Angkatan Laut, tentunya Aokiji juga memiliki Haki yang kuat.



Hal lain yang membuat saya memfavoritkan Aokiji adalah karena sikapnya yang "lucu". Ya, menurut saya lucu karena sebagai seorang Admiral Angkatan Laut dia hampir tidak memiliki wibawa >,< Aokiji terlihat seperti orang yang cuek dan santai serta jarang terlihat terkejut dalam situasi apapun. Bahkan motto keadilan malas yang menjadi acuannya, seringkali membuat orang lain tidak yakin kalau dia bisa menduduki posisi yang tinggi dalam Angkatan Laut. Namun sama seperti Garp, Aokiji merupakan atasan yang ramah terhadap bawahannya ^.^ Kini setelah keluar dari Angkatan Laut status Aokiji pun masih menjadi misteri yang dipertanyakan banyak orang, tetapi saya yakin kalau Aokiji tetaplah menjadi orang yang baik ^.^


9. Sabo












Sabo adalah Kepala Staf Tentara Revolusioner dan diakui sebagai orang "Nomor Dua" dalam organisasi yang menjadikannya orang kedua yang memerintah setelah Ayah Luffy, Monkey D. Dragon. Sabo merupakan teman masa kecil Monkey D. Luffy dan Portgas D. Ace. Mereka bertiga lalu saling mengangkat saudara satu sama lain. Dia sebetulnya anak seorang bangsawan dari kerajaan Goa, namun kabur dari rumah lalu hidup menggelandang di Terminal Grey. Sabo diyakini telah meninggal akibat perahu kecil yang digunakannya untuk berlayar ke laut dihancurkan oleh Bangsawan Dunia Tenryubito, tapi entah bagaimana dia selamat dan bergabung dengan Revolusioner.


Sabo adalah pengguna Buah Iblis "Mera Mera no Mi", tipe Logia yang awalnya milik Portgas D. Ace sebelum kematiannya. Dengan itu, Sabo mampu menjadi elemen api dan mengendalikan api dari tubuhnya. Buah Iblis milik sabo termasuk jenis Buah Iblis yang kuat, jika ditambah dengan kemampuan Haki maka kemampuan bertarungnya pun akan semakin hebat ^.^




10. Boa Hancock






















Boa Hancock adalah seorang Ratu Bajak Laut dan merupakan satu-satunya anggota wanita pada Shichibukai. Dia adalah Ratu Ular dari Pulau Wanita, Amazon Lily. Boa Hancock dianggap oleh banyak orang sebagai wanita tercantik di dunia, bahkan ada yang berpendapat kalau kecantikannya mampu mengalahkan Putri Duyung dari Pulau Manusia Ikan. Hancock adalah pengguna Buah Iblis "Mero Mero no Mi", tipe Paramecia. Dia mampu merubah siapapun yang memiliki "pikiran kotor" menjadi batu. Selain kekuatan dari Buah Iblis, Hancock juga memiliki Haki. Jenis Haki yang pernah digunakannya adalah Busoshoku Haki dan Haoshoku Haki.


Yang membuat saya memfavoritkan Hancock adalah karena dia merupakan seorang wanita yang sangat cantik dan kuat. Selain itu dia juga memiliki karakter yang unik. Hancock hampir selalu bersikap angkuh, kasar dan merendahkan orang lain, tetapi ketika dia bertemu atau melihat Luffy semua sikap angkuhnya pun langsung hilang. Dia akan terlihat seperti wanita manis yang manja yang sedang jatuh cinta ^.^ Walaupun Hancock adalah tipe wanita sempurna di mata laki-laki, tetapi hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap Luffy (Memang Luffy itu sangat tidak peka hahaha).Impian Hancock adalah bisa menikah dengan Luffy. Semoga saja hal tersebut bisa terwujud ^.^


Okay, itulah 10 karakter favorit saya ^.^
Sebenarnya masih ada lebih banyak lagi karakter-karakter hebat, lucu dan unik di One Piece >,<
Cukup sekian dari saya ^.^
Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ^.^
Terima Kasih ^.^


Sumber :
https://www.google.com
https://id.wikipedia.org/wiki/One_Piece
http://id.onepiece.wikia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika Orde Pertama (First-Order Logic)

C++ (Program Kalkulator Sederhana)

Software Komputer dan Fungsinya