Sistem Informasi Perbankan

Tugas V-Class 8
Pretest Manajemen Dana Bank

Nama : Bella Alysha Vira
NPM : 11115319
Kelas : 4KA10



Jenis dana bank yang tersedia terdiri dari dua jenis yaitu Unloanable Fund dan Loanable Fund, sebut dan jelaskan.

Manajemen Dana Bank

Alokasi penggunaan dana bank dilihat dari sedi akuntansi terletak disisi aktivia atau asset dengan struktur rekening-rekening neraca tertentu. Total dana yang tersedia terdiri dari dua jenis, yaitu Unloanable Fund dan Loanable Fund. Unloanable Fund  yaitu dana yang tidak dapat dialokasikan untuk pemberian kredit dan investasi lainnya. Dana ini diperuntukan bagi aktivia tetap dan pengelolaan liquiditas.
Unloanable Fund terdiri dari Legal Reserve Requirement (giro wajib minimum) yang ditetapkan oleh otoritas moneter (BI) sebesar minimal 5% dari total deposit, jumlah kas minimal yang harus tersedia untuk melayani penarikan dana oleh nasabah, Working Capital atau cadangan operasional lainnya.

Loanable Fund yaitu dana yang dapat dialokasikan, baik untuk pemberian kredit atau pembelian surat-surat berharga untuk tujuan memperoleh penghasilan. Loanable Fund dapat diklasifikasikan menjadi Idle Fund dan Operable Fund. 
Idle Fund adalah dana yang masih menganggur atau belum digunakan pada alokasi yang produktif bagi bank, sedangkan Operable Fund adalah dana yang sudah dioperasikan oleh bank terutama dalam bentu kredit yang diberikan pada debitur. 

Bank selalu berusaha meminimalkan Idle Fund atau memperbesar Operable Fund untuk mengoptimalkan keuntungan.  Klasifikasi penggunaan dana ini sangat diperlukan untuk menghitung biaya dana yang harus dikeluarkan bank (Cost of Fund) yang terdiri dari beberapa cara perhitungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika Orde Pertama (First-Order Logic)

C++ (Program Kalkulator Sederhana)

Software Komputer dan Fungsinya